Sabtu, 24 September 2016

Tanya Jawab 272


Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
272

Pertanyaan :
Buddha Sakyamuni takkan berbohong, sutra menyebutkan bahwa Alam Sukhavati berwibawa, indah menakjubkan, suasananya hidup dan realistis, penuh dengan semangat kehidupan. Sebenarnya, paviliun, pepohonan, bunga dan burung jelmaan, apakah nyata adanya atau hanya imajinasi manusia?   

Upasaka Li Bing-nan menjawab :
Anda meragukan keberadaan Alam Sukhavati dan merupakan imajinasi manusia, ini menjelaskan anda masih tidak memahami Buddha Dharma. Kalau dikatakan bahwa segala sesuatu tercipta dari pikiran, sepuluh alam Dharma (Dharmadhatu) muncul dari citta (hati), bukan hanya Alam Sukhavati, bahkan alam saha ini juga muncul dari citta, merupakan khayalan semu, sama halnya pula dengan tubuh jasmani kita yang merupakan perpaduan dari empat unsur (tanah, air, api dan angin), kalau dipisahkan satu persatu, maka mana yang merupakan diri sendiri?    

Buddha Sakyamuni mengatakan fakta yang sesungguhnya dan apa adanya, Sang Buddha telah mencapai penerangan sempurna, memahami kebenaran alam semesta, menyampaikan kebenaran alam semesta ini kepada kita. Kalau memang anda tidak ragu pada ucapan Buddha Sakyamuni, kenapa pula anda meragukan keberadaan Alam Sukhavati?  

Dipetik dari : Tanya Jawab Seputar Pintu Dharma Tanah Suci
Penulis : Upasaka Li Bing-nan
Disusun oleh : Upasaka Ceng Qi-yun


淨土法門疑難問題解答
(二七二)

問 :  
佛不會講假話,經上說極樂國土莊嚴美妙,繪聲繪色,活靈活現。到底這個世界的亭臺樓閣,樹木花鳥,是真實存在的呢?還是像莊子的寓言一樣是想像的呢?

李炳南老居士解答 :
你懷疑極樂世界不是真實存在,而是想像 出來的,這就說明你還不懂佛法。如果說萬法唯心,一切世界都是從心識中出來,不但極樂世界,我們這個娑婆世界也都是唯心而現,都是存在的假像,同樣我們這 個身體也是四大假合,把它分析開來,哪一處有一個真實的自己呢?佛所說經典,決不同莊子說寓言。佛是真語者,實語者,他徹悟了宇宙的本來面目,把宇宙的實 相原原本本地告訴我們。你既然不懷疑佛會說假話,為什麼還要懷疑極樂世界呢?

文摘恭錄 : 淨土法門疑難問題解答
李炳南老居士原著
曾琦雲編譯